5 Tips Media Sosial Untuk Berbisnis



 Hampir semua orang yang mengenal internet pasti punya akun media sosial seperti Twitter, Facebook, Google+, dan lain-lain, atau paling tidak mereka pasti memiliki akun di salah satu media sosial tersebut. Pada awalnya media sosial dibuat untuk kegiatan bersosial secara online, dan ternyata saat ini media sosial sangat efektif digunakan sebagai media promosi bisnis. Jika saat ini Anda memiliki sebuah bisnis dan tidak dipromosikan secara online maka Anda sudah sangat ketinggalan dengan pesaing yang menggunakan media sosial.

Kegiatan di media sosial bisa memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis lokal yang mencakup meningkatkan brand bisnis dan juga memperkuat SEO dari website bisnis tersebut. Saya tidak mengatakan bahwa dengan memiliki akun media sosial akan otomatis meningkatkan penjualan bisnis Anda, tapi dengan kehadiran bisnis Anda di dunia maya tentunya akan membuatnya menjadi lebih dikenal oleh orang banyak. Dan tentu saja orang-orang yang berada dalam network Anda akan menghubungi Anda bila mereka membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Mereka seperti sudah memiliki ikatan dengan Anda secara tidak langsung.

Berikut ini adalah 5 tips dalam bersosial media untuk bisnis: 

Yang pertama, pastinya bisnis Anda harus memiliki akun media sosial yang populer saat ini, contohnya seperti Facebook, Twitter, Google plus, dll. 
1. Pastikan pelanggan Anda dapat menandai “check-in” ketika mereka berada pada tempat usaha Anda. Fasilitas ini sudah disediakan oleh Facebook dan sangat cocok untuk bisnis seperti cafe, bar, atau restaurant. Tentunya Anda harus memanfaatkan fasilitas ini pada Facebook Page bisnis Anda agar bisnis Anda semakin dikenal banyak orang. 
2. Daftarkan juga bisnis Anda pada Foursquare (https://id.foursquare.com/) karena website ini bisa membantu Anda dalam mengakses nama-nama orang yang sudah “check-in” pada bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui beberapa kebiasaan mereka sebagai pelanggan dan bisa membantu Anda menjadikan mereka sebagai pelanggan tetap bisnis Anda. 
3. Persiapkan bisnis Anda dengan fitur terbaru yaitu Facebook Graph Search dimana orang bisa menemukan semua bisnis lokal sesuai dengan yang mereka sukai. Fitur ini sebenarnya belum bisa digunakan semua akun Facebook – terbatas pada akun tertentu – tapi cepat atau lambat tentu bisnis Anda bisa menggunakannya. 



4.  Aktif dalam kegiatan bersosial di Twitter. Posting kegiatan bisnis Anda di twitter secara rutin, misalnya; pelanggan yang datang ke bisnis Anda, event yang Anda lakukan, promosi produk, dan lain-lain. Kita juga bisa berpromosi dengan memberikan insentif atau voucher diskon pada followers yang bersedia men-tweet atau memposting di Facebook tentang bisnis kita. Dengan begitu teman-teman atau followers mereka juga akan mengenal bisnis Anda. 

5. Buat akun Anda di LinkedIn.com. Profile Anda di LinkedIn akan sangat mempengaruhi bisnis Anda karena mesin pencari seperti Google.com me-ranking profil LinkedIn lebih tinggi dibanding dengan media sosial lainnya, termasuk Facebook. Pastikan Anda memiliki akun di LinkedIn dan tetap uptodate di media sosial itu, jangan lupa agar terhubung pada bisnis lain yang sejenis dengan industri bisnis Anda. 



0 Komentar